KENAPA BISA KEMBAR ??

Posted by Berita Sensasional dan Menarik Minggu, Maret 01, 2009 0 komentar

Smellie_twins Kamu mungkin punya teman yang memiliki saudara amat mirip, atau mungkin kamu saling mirip dengan saudara kamu sendiri. Kembar, begitulah kita menyebutnya. Mengapa bisa terjadi kembar? Bukankah ibu kamu dan kebanyakan wanita melahirkan hanya satu bayi? Apa penyebab terjadinya kembar?

Proses terjadinya bayi dimulai dengan pertemuan hanya dua buah sel masing-masing milik wanita dan pria (ibu dan ayah kamu). Sel tersebut bertemu dalam proses yang disebut proses pembuahan dan mulai berkembang dalam rahim wanita selama 9 bulan dan akhirnya lahir sebagai bayi.

Oleh karena sebab yang khusus, proses pembuahan dapat terjadi pada dua buah atau bahkan lebih sel milik wanita dalam satu rahim, sehinga dalam satu rahim dapat berkembang dua atau lebih bayi. Kamu pernah dengar ada kembar lima khan? Ini disebut dengan kembar fraternal (dizygotic). Kembar ini tidak terlalu mirip satu sama lain, dan bisa juga berbeda kelamin (kembar pria dan wanita)

Atau sebab lain kembar yang terjadi karena satu sel milik wanita bertemu dengan dua buah sel milik pria, sehingga terjadi kembar identik yang berjenis kelamin sama, rupa yang sama, gen yang sama. Disebut juga dengan kembar identik (monozygotic). Kembar identik ini juga bisa berpotensi berkembang menjadi penyebab kembar SIAM, yaitu kembar yang menempel satu sama lainnya, satu tubuh berkepala dua, perut menyatu, karena masing-masing sel tidak membelah dengan sempurna.

824twins Ada juga kembar yang bisa terjadi karena proses disengaja, secara medis dokter bisa memberi hormon tertentu kepada orang tua calon bayi, agar diperoleh kemungkinan terjadi proses pembuahan yang menjadi penyebab kembar.

Untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil bayi kembar atau tidak yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, biasanya cara yang paling akurat dan aman adalah dengan menggunakan USG (Ultrasonografi).

Dunia moderen juga kini sudah bisa melakukan proses duplikasi atau proses penggandaan yang dikenal dengan KLONING, yaitu proses penggandaan yang dilakukan terhadap tumbuhan dan hewan sehingga menghasilkan mahluk yang kembar.

Pendapat bahwa saudar kembar itu memiliki sifat dan kebiasaan yang sama persis, atau juga punya rasa keterikatan yang dekat, dapat dijelaskan sebagai berikut : bahwa sifat dan kebiasaan itu lebih didasari oleh faktor lingkungan, dan seosial, artinya bisa saja setiap kembar yang mendapat pendidikan, dan proses kehidupan yang berlainan, akan menghasilkan juga sifat yang berbeda.

seto_mulyadi_1 Kembali ke kembar manusia, di Indonesia, terdapat perkumpulan orang-orang kembar lho. Didirikan oleh dr. Seto Mulyadi atau yang kita kenal sebagai “kak Seto”, yang kebetulan beliau juga memiliki saudara kembar bernama Kak Kresna. Perkumpulan ini bernama YAYASAN NAKULASADEWA, yaitu nama tokoh pewayangan sebagai bungsu dari pendawa lima. Yang menarik Yayasan yang didirikan pada tanggal 22 Februari 1984 identik dengan angka 2, yaitu tanggal berdiri 22 Februari (bulan 2), tahun 1984 jika dijumlahkan 1+9+8+4 = 22, Yayasan ini berkantor di jalan Patiunus no 22 Jakarta,dan didirikan pada pukul 22.22 WIB.

Sudah paham tentang manusia kembar? Memang menyenangkan punya saudara kembar ya. Apakah kamu pernah merasa tertukar?***

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih

Daffa Azkala Tsaqieb ( Azka )