ADAKAH TUMBUHAN PEMAKAN DAGING?

Posted by Berita Sensasional dan Menarik Minggu, Maret 01, 2009 0 komentar

audrey3-3SEMUA mahluk hidup membutuhkan makanan, coba sudah makan apa saja kamu hari ini? Hewan dan tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk bisa hidup. Lantas apakah makanan tumbuhan? Adakah tumbuhan yang memakan daging seperti halnya hewan dan manusia? Dan adakah tumbuhan yang memakan manusia seperti yang mungkin pernah kamu lihat di filem-filem dongeng?

photosynthesisSecara umum tumbuhan makan dengan cara mengambil ”bahan-bahan” makanan dari tanah, lalu ”memasaknya” di daun dengan bantuan zat hijau daun (chlorofil) dan sinar matahari. Proses itulah yang disebut fotosintesis.

Ada juga beberapa tumbuhan yang ”memakan” daging atau disebut juga tumbuhan karnivora. Namun tumbuhan ini ”hanya” memakan serangga kecil seperti lalat, semut, laba-laba. Tumbuhan jenis ini memiliki enzim pencernaan yang akan memperkaya unsur nutrisi terutama nitrogen yang mungkin kurang pada tanah dan air tempat tumbuhan itu tumbuh.

kantongsemarJenis tumbuhan karnivora yang dikenal di Indonesia diantaranya adalah “kantong semar” atau Nephentes. Bentuknya seperti kendi yang memiliki tutup yang bisa terbuka dan tertutup. Serangga yang kebetulan lewat akan tertarik dengan cairan yang ada di dalam kendi tersebut, begitu serangga itu masuk, tutup kendi akan menutup dan serangga akan terperangkap dan ”dimakan” oleh tumbuhan tersebut.

800px-Meal_worm_in_venus_fly_trap_1Jenis tumbuhan lain adalah Venus, yang juga ”doyan” lalat, dan juga larva kecil

Nah apakah tumbuhan-tumbuhan pemakan serangga itu ”mengunyah-ngunyah” santapannya seperti halnya kamu mengunyah makanan?, coba bagaimana pendapat kamu?***

(dari berbagai sumber)

(foto istimewa)

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih

Daffa Azkala Tsaqieb ( Azka )