PAS Band

Posted by Berita Sensasional dan Menarik Minggu, April 03, 2016 0 komentar
Pas Band adalah kelompok musik yang mencampurkan warna musik rock, hip hop, dan punk. Pas Band digawangi oleh Yukie (vokal), Trisno (bass), Bengbeng (gitar), Sandy (drum).

BIOGRAFI PERSONIL "PAS BAND"

Yukie

Yukie (1)Yukie aka Yuki Arifin Martawidjaja (vocal)

Full Name : YUKIE ARIFIN MARTAWIDJAJA
Nick Name : Yukie
Born : Bandung, 31 Mei 1970
Height/Weight : 165 cm 56 kg
Religion : Islam
Hobby : Automotive
Sport : Biking, Swimming
Education : Padjajaran University (Sastra Jepang)
Influence : Pearl Jam, Red Hot Chili Peppers, Faith No More
Endorsment : SKATERS wardrobe

Beng_beng

Beng_beng (2)Bengbeng aka Bambang Sutejo (Guitar)

Full Name : BAMBANG SUTEJO
Nick Name : Beng-beng
Born : Bandung, 6 November 1968
Height/Weight : 168 cm 68 kg
Religion : Islam
Hobby : Guitar, Travelling
Sport : Soccer
Education : Padjajaran University (Pertanian), UT (Manajemen/masih aktif)
Influence : Led Zeppelin
Instrument : Guitar
Endorsment : KORG Effect, IBANEZ Guitar, LANEY Amplifier, FEEDBACK Wardrobe
Bengbeng at Friendster: http://profiles.friendster.com/bengbengpas

Triznoize

Triznoize(3)Trisno aka Sutrisno (Bass)

Full Name : TRISNO
Nick Name : Trisnoize
Born : Bandung, 16 Agustus 1970
Height/Weight : 170 cm 70 kg
Religion : Islam
Hobby : Travelling, Action Figure, CD and DVD Collector
Sport : Swimming
Education : Padjajaran University (Sastra Jerman)
Influence : Pearl Jam, Faith No More, Red Hot Chili Peppers
Instrument : Bass
Endorsment : SCHECTER Bass, BEHRINGER Amplifier, SUCKER FACE Wardrobe

Sandy

Sandy(4)Sandy aka Sandy Andarusman (Drum)

Full Name : H. AGUS TEGUH PRAKOSA ANDARUSMAN
Nick Name : Sandy Andarusman
Born : Jakarta, 7 Juli 1970
Height/Weight : 167 cm 70 kg
Religion : Islam
Hobby : Komedi, Travelling, Drums
Sport : Badminton
Education : Gunadarma University (Manajemen Informatika)
Influence : Led Zeppelin
Instrument : Drum
Endorsment : MAPEX Drums, Zildjian Cymbals, DEMOCIST Wardrob

Perjalanan Karier

Awalnya, band yang lahir di kampus Unpad ini mulai meniti karier dari panggung-panggung underground sejak 1989. Pas Band berdiri secara resmi pada tahun 1990. Pada tahun 1993 grup yang terdiri dari Bengbeng (gitar), Trisno (Bass), Yukie (vokal) dan Richard Muttler (drum) ini merilis album EP berbendera indie label dengan debut, Four Through The Sap.
Mulai album kedua In (No) Sensation (1995) hingga sekarang, mereka digandeng oleh Aquarius Musikindo. Label ini membebaskan mereka untuk berkarya. Meskipun tidak bisa merangkul semua orang lewat musiknya yang tidak biasa, namun mereka mulai membangun basis massa yang setia dengan jalur yang mereka pilih.
Album kedua ini diikuti oleh album-album mereka berikutnya, yaitu indieVduality (1997), Psycho I.D. (1998). Pada album keempat, Richard mengundurkan diri dan posisinya digantikan oleh Sandy (ex-U'Camp)[1]. Dengan formasi tanpa Richard mereka merilis album kelima yang di beri titel KETIKA . . . (2001), namun Sandy belum dapat bermain pada rekaman album ini karena masih terikat kontrak dengan label lain. Sandy yang sekarang ini menjadi penyiar di I-Radio 89.6 FM bergabung di album keenam PAS 2.0 (2003), dan album ketujuh Stairway to Seventh (2004). 2 Tahun kemudian Pas Band meluncurkan album the best berisi 3 lagu barunya "Permata Yang Hilang","Romeo & Juliet", dan "Gladiator" dan 9 lagu hits lamanya. 2 Tahun seakan menjadi waktu yang PAS untuk mengumpulkan materi untuk album terbarunya,dan akhirnya Pas Band mengumumkan akan menelurkan album barunya pada tanggal 20 Maret 2008,berjudul Romantic,Lies & Bleeding. Hits terbarunya berjudul "Aku" yang bercerita tentang pengakuan seorang lelaki bajingan,telah malang melintang diputar di radio-radio dan internet.

Diskografi

Pas Band
ditulis oleh Administrator
Pas adalah grup yang memelopori gerakan indie label pertama di Indonesia, sebuah sistem pendistribusian kaset yang kini sudah menjadi bagian dari dinamika industri musik. Keteguhan mereka dalam mengibarkan idealisme telah menjadi inspirasi bagi sejumlah besar grup yang setia pada orisinalitas, tapi sulit mendapat peluang. Mereka memilih jadi musisi underdog daripada harus mengubah cita rasa musikalnya sekadar untuk mengikuti selera pasar.
Karena itu, untuk debut albumnya, Four Through The Sap, Pas memilih mengedarkan sendiri melalui jalur teman, studio-studio latihan mau pun lokasi tempat mereka melangsungkan pertunjukan. Wilayah distribusinya pun masih sebatas Bandung dan Jakarta. Namun berkat kegigihan tersebut, satu celah terbuka sudah. Tiras penjualanya yang mencapai 5000 copies akhirnya mengantarkan mereka pada kontrak dengan PT Aquarius Musikindo, salah satu major label terkemuka di Indonesia.

Berdiri di Bandung pada pertengahan tahun 1992, keunikan grup ini sudah terlihat dari cara mereka menggabungkan musik rock dengan lirik yang bernuansa sastra. Sebagian besar lirik memang ditulis Yukie, sarjana Sastra Jepang yang mantan dosen D3 Sastra Universitas Pajajaran Bandung (UNPAD). serta Trisno, lulusan Sastra Jerman dari universitas yang sama.

Di kalangan insan musik, Pas juga dikenal sebagai musisi yang memiliki skill tinggi dalam memainkan instrumen. Penampilan enerjik mereka di atas panggung telah mengundang decak kagum Dave Ghrol, pentolan grup Foo Fighter dari Amerika, saat mereka tampil sepanggung dalam Jakarta Pop Alternative Festival yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, April 1994. Saat itu mereka mendapat kehormatan untuk mendampingi Foo Fighters, Beastie Boys dan Sonic Youth.

Pada Agustus 2000 Pas kembali berhasil mencuri perhatian ketika ambil bagian di Busan International Rock Festival (BIROF) yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan, di hadapan sekitar 100.000-an penonton. Peserta lainnya ketika itu antara lain Dimmu Borgir dan Night Wish.

Pada 2001, Pas membuat kejutan dengan menggandeng penyanyi cewek sebagai guest vocal dalam Kesepian Kita, sebuah nomor balada dari album Ketika ….Album ini sempat mengundang kontroversi karena dianggap telah melenceng dari konsep musik mereka selama ini sebagai grup band yang agresif di atas panggung. Toh, langkah ini tidak menyurutkan jumlah penggemar mereka. Bahkan sebaliknya, semakin bertambah dengan muncul penggemar perempuan yang sebelumnya merupakan “mahluk asing” dalam setiap pertunjukan Pas.

Kejutan demi kejutan seperti tak pernah sepi setiap Pas meluncurkan album baru. Pada 2.0, misalnya, Pas mengaransemen ulang Yesterday milik The Beatles yang mashur itu menjadi lagu bercorak punk dan sekaligus menjadikan video clip-nya sebagai salah satu video clip yang paling sering diputar oleh MTV.
Kemudian setelah merekrut penyanyi cewek belia Tere dan merombak total Yesterday, kini Pas berkolaborasi dengan Reza, seorang diva R & B, lewat lagu Getir di albumnya yang ke-7, Stairway To Seventh. “Saya tertarik menerima tawaran dari Pas karena musik yang mereka bawakan selama ini sangat bertolak belakang dengan musik saya,” alasan Reza. “Ini sebuah tantangan.” Alasan yang kurang lebih sama meluncur dari Christopher Abimanyu, penyanyi tenor kenamaan negeri ini, saat diundang sebagai tamu dalam lagu Bayangan.
Berubah-ubah bentuk akhirnya menjadi bentuk dari konsep musik Pas itu sendiri. Namun semua itu tetap mengalir dalam benang merah idealisme. Dan perjalanan sang waktu telah menjadikan Pas sebagai ikon musik underground di Indonesia, meski perjalanan kreatif mereka telah keluar jauh dari bingkai komunitas tersebut.
PENGALAMAN INTERNASIONAL
  1. RCTI / NHK TV Program 1996
  2. Alternative Festival – Singapore 1992
  3. Pop Alternative Festival – Jakarta 1994 bersama Foo Fighters, Beastie Boys, Sonic Youth.
  4. Busan International Rock Festival – Korea, 2000 bersama grup dari Amerika, Eropa, Asia.
WALLPAPER "PAS"

Diskografi
Romantic Lies and Bleeding
ditulis oleh Administrator
lanjut...Album yang menurut para personilnya sebagai album yang penuh dengan perjuangan ini akhirnya rilis juga, dengan 12 track lagu yang fresh dan improvisasi baru di sisi soundnya dan tak lupa menggamit beberapa musisi seperti Baron, Melanie Soebono, Ronaldisko (Extravaganza) dan beberapa rekan untuk andil di album ini, termasuk menggarap ulang sebuah lagu lama dari Koes Plus yaitu "Terang Bulan". Dengan melempar singel "Aku" sebagai singel pertama mereka sebagai sebuah pembuktian kepada publik bahwa PAS masih ada dan masih eksis di percaturan industri musik Indonesia.



The BeAst of Pas
ditulis oleh Administrator
lanjut...The BeAst of PAS (2006) - Album dengan format The Best ini berisi 11 lagu, dengan 3 buah lagu baru yang berjudul Gladiator (ft. Iday), Permata Yang Hilang & Romeo and Juliette.


Stairway to Seventh
ditulis oleh Administrator
lanjut...
Stairway to Seventh (2004) - Album Pas yang juga melibatkan beberapa musisi diantaranya Reza Artamevia, Bunga Citra Lestari (yang sekarang ngeTOB dengan lagu Sunny), Ebith Beat'A, Eno Netral, Andi APEL, Asus dan salah satu penyayi seriosa terbaik di Indonesia yaitu Christopher Abimanyu.


l
Pas 2.0
ditulis oleh Administrator
lanjut...PAS 2.0 (2002) - Di album PAS 2.0 ini Sandy resmi menjadi drummer Pas. Musisi-musisi yang terlibat Andi APEL, Seysey VIRUS, Andi PURPOSE, Asus dan beberapa session player diantaranya Agung dan Gatot.


l
Ketika...
ditulis oleh Administrator
lanjut...
Ketika (2000) - Meneruskan kebiasaan di album-album sebelumnya, di album ini Pas berkolaburasi dengan Sandy U'Camp (drummer) - yang menjadi additional drummer Pas baik rekaman dan live setelah ditinggalkan Richard, Tere - yang berduet dalam lagu "Kesepian Kita" dan Jordan "The Fly" - sebagai additional drummer di lagu "Hey Negeri", "Pantai Abisss".



Psycho ID
ditulis oleh Administrator
lanjut...Psycho ID (1998) - Berisikan hits single "Bocah", dan additional player pada album kali ini diisi oleh Robin PUPPEN, Andi APEL, Koseng FULLOFHATE. Album ini merupakan album terakhir kebersamaan Richard (drummer) bersama Pas sebelum mengundurkan diri.


indieVduality
ditulis oleh Administrator
lanjut...indieVduality (1997) - indieVduality melahirkan hits single berjudul "Anak Kali Sekarang" dan 1 lagu berbahasa Jerman "Schiebung des Madchen". Musisi tamu yang terlibat dalam album ini adalah Maggi /rif dan Andi /rif. Video Klip : "Anak, Kali, Sekarang" (Baru tayang 2X, lagi-lagi dicekal).


In (no) Sensation
ditulis oleh Administrator
lanjut...In (No) Sensation (1995) - Album pertama yang diproduksi dibawah label Aquarius Musikindo; berisi 11 lagu, 7 berlirik bahasa Inggris dan 4 berlirik bahasa Indonesia. Additional musician yang terlibat dalam album ini adalah Jikun /rif yang mengisi track gitar pada lagu "Si Berat" dan "Konsepsi".


Four Through the Sap
ditulis oleh Administrator
lanjut...Four Through the Sap (1994) - Album ini merupakan mini album yang diproduksi secara indie label oleh SAP Music Management dan terjual sebanyak lebih dari 10.000 copy dalam waktu 3 bulan. Yang kemudian album ini dibeli dan diproduksi kembali oleh Aquarius Musikindo.



Sumber : http://pasbandrockin.blogspot.com/2008/08/biografi-personil-pas-band.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pas_Band


0 komentar:

Posting Komentar

Pilih

Daffa Azkala Tsaqieb ( Azka )