Pencarian Makam Cleopatra Dilanjutkan

Posted by Berita Sensasional dan Menarik Senin, April 20, 2009 0 komentar
Image







JEJAK SEJARAH:
Koin bergambar Cleopatra yang ditemukan di kuil Taposiris Magna, Alexandria.


KAIRO (SI) – Kebenaran cinta sehidup-semati antara Ratu Mesir Cleopatra dan Kaisar Yunani Marc Anthony,sepertinya akan semakin terkuak dalam waktu dekat.Tim gabungan arkeolog Mesir dan Republik Dominika sudah menemukan bukti-bukti yang diyakini menjadi pertanda keberadaan makam dua sejoli tersebut.


Menurut sejarah,Cleopatra dan Anthony dikubur berdampingan setelah keduanya bunuh diri setelah kekalahan dalam Perang Actium,30 tahun sebelum Masehi. Cleopatra bunuh diri dengan menyengatkan ular berbisa ke dadanya,sedangkan Anthony tewas setelah menghujamkan pedang ke dadanya sendiri. Misteri seputar makam kedua sejoli sampai saat ini masih terpendam karena makam keduanya belum ditemukan.

Secercah harapan muncul saat tim ekspedisi arkeolog dari Mesir dan Republik Dominika menemukan keberadaan terowongan serta beberapa benda penting yang ditangkap radar di kuil Taposiris Magna bulan lalu. Kuil ini terletak di sebelah utara kota pesisir Mesir. Penemuan ini setidaknya memberi titik terang bagi penggalian tim ekspedisi itu yang sudah bekerja selama tiga tahun terakhir. Tahun lalu, arkeolog di situs tersebut juga menemukan sebuah patung perunggu Dewi Aprodite, sebuahtopengyangdicurigaimenjadi milik Anthony,serta sebuah patung tak berkepala dari era Ptolemaic.

”Kami menemukan 22 koin yang menggambarkan sosok Cleopatra, dua patung Cleopatra, serta patung lain yang kemungkinan seorang raja.Kami juga menemukan terowongan di tempat itu,yang bisa mengindikasikan ada kuil yang digunakan sebagai makam,” jelas Ketua Badan Kepurbakalaan Mesir Dr Zahi Hawas. Tim ini juga menemukan 20 batu pualam putih serta 10 mumi bersepuhkan emas. Ketua Tim Republik Dominika Kathleen Martinez menemukan tiga situs dekat kuil Taposiris sekitar 50 km barat Alexandria.

Untuk membuktikan keberadaan makam Cleopatra- Anthony di sekitar Alexandria,Hawas dan timnya akan melakukan penggalian lagi mulai pekan depan.Bila misi ini sukses menemukan makam yang dicari,hal itu bisa menjadi salah satu penemuan sejarah terpenting pada abad ke-21, sekaligus mengakhiri misteri yang sudah berlangsung ribuan tahun.

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/230988/

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih

Daffa Azkala Tsaqieb ( Azka )