Robot Cantik Siap Gantikan Posisi Model

Posted by Berita Sensasional dan Menarik Rabu, Maret 18, 2009 0 komentar
Robot ini siap berlenggak - lenggok layaknya Model
Robot ini siap berlenggak - lenggok layaknya Model
Teknologi yang makin canggih membuat robot tak hanya menggantikan manusia dalam pekerjaan kasar dan berbahaya saja. Urusan lenggak-lenggok di atas catwalk yang butuh tubuh molek dan keluwesan kini juga mulai dirambah mesin pintar itu.

Dalam pameran yang diadakan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology di Tokyo kemarin (16/3), terlihat keseksian robot kini mulai mampu bersaing dengan model cantik. Para insinyur perguruan tinggi terkemuka di Jepang itu mendemonstrasikan robot model yang diberi nama HRP-4C.

Robot tipe humanoid itu memiliki wajah yang cukup girlie dan mata agak besar. Dengan hidung kecil dan rambut sebahu, HRP-4C diprogram bisa melakukan 42 gaya yang biasa dilakukan para model sebenarnya ketika memamerkan busana di atas panggung.

Bahkan, tak hanya pandai berlenggak-lenggok, robot yang penampilannya mirip karakter cewek dalam komik Jepang (manga) itu juga ramah kepada siapa saja yang menyapanya.

"Hello everybody, I am cybernetic human HRP-4C," sapa HRP-4C dengan suara merdu dan manja.

Pemimpin riset si fashion-bot atau robot fashion itu Shuji Kajita mengakui, timnya sengaja tak membuat penampilan HRP-4C terlalu mirip dengan manusia asli.

"Karena itu, kami buat tubuhnya terlihat seperti kaleng. Kami cenderung mengikuti gaya anime," ujarnya.

Fashion-bot HRP-4C memiliki tinggi 158 cm, tinggi rata-rata perempuan Jepang berusia 19-29 tahun. Beratnya juga cukup ringan, hanya 43 kg termasuk baterai.

Menurut Shuji Kajita, HRP-4C dibuat untuk industri hiburan. Meski demikian, pada hari pertama dipamerkan, robot itu banyak mendapatkan decak kagum dari penonton.

Preview robot tersebut akan berlanjut dalam pergelaran busana di Tokyo pada 23 Maret. Untuk sementara, robot model HRP-4C itu tidak dijual. Namun, sebagai ancar-ancar jika Anda ingin memilikinya, biaya risetnya sudah menghabiskan sekitar Rp 2,4 miliar.


http://www.rileks.com/ragam/31102006129600-robot-cantik-siap-gantikan-posisi-model.html

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih

Daffa Azkala Tsaqieb ( Azka )